Sunday 3 August 2008

Hadzâ as-Sayyid al-Amrîkî -Sargon Boulus

Tuan Amerika
(Sargon Boulus)


Kematian
Ini lah seorang tuan
dari Amerika
Datang untuk minum
dari sungai Tigris
Hingga sungai Eufrat

Kematian
Ini lah seorang tuan yang kehausan
kan meminum setiap minyak yang ada di sumur kami
dan setiap air
yang ada di sungai-sungai kami

Kematian
Ini lah seorang tuan yang kelaparan
kan memakan anak-anak kami dengan beribu-ribu
beribu-ribu setelah beribu-ribu
setelah beribu-ribu

Ini lah seorang tuan
datang dari Amerika
untuk meminum darah
dari sungai Tigris
dan dari sungai Eufrat


Judul asli: Hadzâ as-Sayyid al-Amrîkî
Diterjemahkan oleh Achmad Aef (penggiat the Muallaqat Forum Jogjakarta)


TENTANG PENYAIR

Sargon Boulus lahir di dekat danau al-Habâniyah yang terletak di wilayah Kirkûk, Irak pada tahun 1924 dari keluarga berkebangsaan Syria. Ia adalah seorang penyair, cerpenis, dan juga penerjemah yang berdomisili di San Fransisco. Karyanya banyak dimuat pada sejumlah majalah dan surat kabar Irak dan Arab. Boulus mulai mempublikasikan karya puisi dan cerpennya pada tahun 1961 dan turut memberikan kontribusi pada majalah Syi’r yang dipelopori oleh Yûsuf al-Khâl dan Adonis di Beirut.
Boulus pernah bekerja di Beirut pada divisi tarjamah. Pada tahun 1969, ia pergi ke Amerika yang kemudian menerbitkan majalah Dajlah dalam bahasa Inggris. Melalui puisinya, Boulus cukup memberikan warna dan pengaruh besar terhadap para penyair muda generasi modern saat ini. Bersama-sama dengan Fâdhil al-‘Azâwî, Muayyad ar-Râwî, Shalâh Fâ’iq, dan Jân Dammo, ia mendirikan Jamâ’ah Kirkûk.
Puisi dan karya terjemahan Boulus sudah mulai muncul di sejumlah majalah dan media massa Arab. Sampai saat ini, ia telah menerbitkan 6 buah antologi puisi. Dirinya dikenal sebagai penerjemah Arab yang handal untuk pengalihan bahasa puisi-puisi Inggris dan Amerika seperti karya-karya Ezra Pound, W. H. Auden, W. S. Merwin, Shakespeare, Shelley, William Carlos Williams, Allen Ginsberg, Ted Hughes, Sylvia Plath, Robert Duncan, John Ashbury, Robert Bly, Anne Sexton, John Logan, dan juga sejumlah penyair lain seperti Rilke, Neruda, Vasko Popa, dan Ho Chi Min.

(Sumber: Achmad Atho’illah. Leksikon Sastrawan Arab Modern (Biografi & Karyanya). Yogyakarta: Datamedia bekerjasama dengan al-Mu’allaqât Centre, 2007)

No comments: