Sunday 3 August 2008

The Ziggurat Builders-Sargon Boulus

PARA PEMBANGUN ZIGGURAT
(Sargon Boulus)

Mereka adalah
para pemimpi yang pertama
yang telah membubuhkan bentuk
sebuah mimpi di lempengan tanah liat:
Sebuah ruangan tempat para pendoa
yang akan menimbang
kemuliaan.

Mereka tahu:
orang asing pernah
melintas di antaranya,
dan kemudian menghilang.
Tempat teduhnya
akan ditebus
dalam wujud
sebuah ziggurat –
kapal para dewa
yang pemimpin bonekanya
kan memecah awan.

Dan mendengar:
Ini adalah bahtera waktu,
di pantainya
dari waktu ke waktu,
kita mungkin memandang sepintas
sebuah gambar seorang leluhur
berkulit putih
yang akan memberi isyarat pada kita
lintasan seribu tahun
dan menantikan kapalnya.

Diterjemahkan oleh Achmad Aef dari versi bahasa Inggris The Ziggurat Builders yang diterjemahkan dari versi Arabnya oleh penyairnya sendiri.

TENTANG PENYAIR
Sargon Boulus lahir di dekat danau al-Habâniyah yang terletak di wilayah Kirkûk, Irak pada tahun 1924 dari keluarga berkebangsaan Syria. Ia adalah seorang penyair, cerpenis, dan juga penerjemah yang berdomisili di San Fransisco. Karyanya banyak dimuat pada sejumlah majalah dan surat kabar Irak dan Arab. Boulus mulai mempublikasikan karya puisi dan cerpennya pada tahun 1961 dan turut memberikan kontribusi pada majalah Syi’r yang dipelopori oleh Yûsuf al-Khâl dan Adonis di Beirut.Boulus pernah bekerja di Beirut pada divisi tarjamah. Pada tahun 1969, ia pergi ke Amerika yang kemudian menerbitkan majalah Dajlah dalam bahasa Inggris. Melalui puisinya, Boulus cukup memberikan warna dan pengaruh besar terhadap para penyair muda generasi modern saat ini. Bersama-sama dengan Fâdhil al-‘Azâwî, Muayyad ar-Râwî, Shalâh Fâ’iq, dan Jân Dammo, ia mendirikan Jamâ’ah Kirkûk.Puisi dan karya terjemahan Boulus sudah mulai muncul di sejumlah majalah dan media massa Arab. Sampai saat ini, ia telah menerbitkan 6 buah antologi puisi. Dirinya dikenal sebagai penerjemah Arab yang handal untuk pengalihan bahasa puisi-puisi Inggris dan Amerika seperti karya-karya Ezra Pound, W. H. Auden, W. S. Merwin, Shakespeare, Shelley, William Carlos Williams, Allen Ginsberg, Ted Hughes, Sylvia Plath, Robert Duncan, John Ashbury, Robert Bly, Anne Sexton, John Logan, dan juga sejumlah penyair lain seperti Rilke, Neruda, Vasko Popa, dan Ho Chi Min.

(Sumber: Achmad Atho’illah. Leksikon Sastrawan Arab Modern (Biografi & Karyanya). Yogyakarta: Datamedia bekerjasama dengan al-Mu’allaqât Centre, 2007)

No comments: